social media logo facebook icon icons.com 59059     social media logo twitter icon icons.com 59061     social media logo instagram icon icons.com 59062     social media logo google icon icons.com 59074     social media logo utube icon icons.com 59063

Pacu Kinerja 2023, Kanwil Kemenkumham Sulsel Bekali SDM UPT Dengan Materi Kompetensi Teknis



Makassar – Guna memacu optimalisasi kinerja tahun 2023, Kantor Wilayah kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan (Kanwil Kemenkumham Sulsel) bekali SDM Unit Pelaksana teknis di Kabupaten/Kota dengan materi kompetensi teknis dalam bentuk Workshop Penerapan Manajemen Risiko , pra rekonsiliasi laporan keuangan semester II TA 2022, Analisis Kebutuhan anggaran sarana dan prasarana upt tahun 2024, dan Rapat kerja teknis pemasyarakatan yang berlangsung di di Hotel Claro Makassar, Rabu (18/01).

Sekretaris Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kemenkumham, Heni Yuwono, saat membuka acara mengatakan, Kegiatan yang diselenggarakan Kanwil Sulsel menunjukan terobosan tata nilai PASTI di poin Sinergitas.

Heni mengapresiasi kepemimpinan kolektif kolegial yang diterapkan Liberti Sitinjak selaku Kakanwil Sulsel. "Kita tidak mungkin bekerja sendiri. Inilah bukti implementasi Sinergita yang telah dilakukan di Sulsel," ujar Heni.

Heni mengingatkan arahan Menkumham bahwa Kemenkumham konsisten mendapatkan WTP. Untuk itu, Heni meminta peran serta kinerja pegawai Kanwil untuk mengoptimalkan serapan anggaran.

Sementara itu, Kakanwil Sulsel Liberti Sitinjak mengatakan ,kepemimpinan yang telah dijalankan selama ini yaitu kolektif kolegial sesuai jargon Kemenkumham sinergi. "Melalui jargon Sinergitas inilah beberapa kegiatan Divisi dilakukan secara bersama sama," kata Liberti.

Lanjut Liberti memberi apresiasi pada seluruh jajaran UPT, berkontribusi mengantarkan Kanwil Susel menjadi juara 1 serapan anggaran 99,61 % tahun 2022.

Tahun lalu telah dibentuk tim 9 dalam upaya percepatan penyerapan anggaran sehingga setiap bulan dilakukan evaluasi apa yang telah dikerjakan dan apa yang belum dikerjakan. Lalu berkembang menjadi Tim Coach 42 sesuai dengan DIPA yang ditangani yaitu 42 DIPA. "Inilah kami lakukan untuk mempertahankan nomor 1 serapan anggaran. Inilah prestasi kita." pinta Liberti.

Liberti meminta tahun ini menjadi Tahun prestasi untuk Kemenkumham Sulsel dan Pimpinan UPT menjadi teladan bagi jajarannya. "Ikan tidak pernah busuk dari ekor. Jika pimpinan bisa menjadi teladan, anak buah pasti ikut teladan. Saya sering katakan kehadiran pimpinan adalah solusi, bukan mencari masalah," pesan Liberti.

Sementara itu, Kepala Divisi Administrasi Indah Rahayu Ningsih, selaku Ketua Panitia Pelaksana dalam laporannya merinci tujuan semua empat kegiatan gabungan divisi yaitu: 1)Pra Rekonsiliasi untuk memperoleh laporan keuangan yang akuntabel dan berkualitas sesuai akuntansi pemerintah sehingga laporan keuangan dapat mempertahankan WTP atas laporan kementerian keuangan, 2.) Workshop Manajemen Risiko pada satker untuk meningkatkan pemantauan dan evaluasi serta tercapainya tujuan organisasi sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan.
3.) Analisis Kebutuhan Sarpras bertujuan untuk pendampingan dan supervisi terhadap usulan kebutuhan sarana dan prasarana di UPT aar seluruh usulan sesuai dengan peraturan dan ketentuan yang ditetapkan, dan 4.) Rakernis Pemasyarakatan diharapkan ke UPT Pemasyarakatan memiliki komitmen bersama dan pandangan dalam tiga kunci pemasyarakatan dan back to basic.

Kegiatan dirangkaikan dengan Pemberian Penghargaan kepada 10 UPT terbaik dalam capaian Kinerja Pelaksana Anggaran TA 2022: Terbaik ke 10 yaitu Rutan Selayar, Rupbasan Makassar, Rudenim Makassar, Rutan Jeneponto, Rutan Pangkep, Bapas Watampone, Rutan Masamba, Lapas Watampone, Rutan Enrekang, dan Peringkat Pertama yaitu Rutan Pinrang. Penilaian ini berdasarkan 3 aspek penilaian yaitu penyerapan anggaran, nilai IKPA, dan nilai capaian SMART.

Lapas Perempuan Kelas IIA Sungguminasa adalah unit pelaksana teknis dibidang Pemasyarakatan Khusus Perempuan yang berfungsi untuk melakukan Pembinaan dan Perawatan Khusus bagi Warga Binaan Pemasyarakatan Perempuan

email : lapaswanita@gmail.com

 

Hari iniHari ini1
KemarinKemarin1
MingguanMingguan0
BulananBulanan6
Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Sungguminasa, Copyright © 2023 - Kemenkumham RI