social media logo facebook icon icons.com 59059     social media logo twitter icon icons.com 59061     social media logo instagram icon icons.com 59062     social media logo google icon icons.com 59074     social media logo utube icon icons.com 59063

Haru dan Bahagia, WBP LPP Sungguminasa Ikuti Sosialisasi Perpanjangan Asimilasi Rumah

 

Sungguminasa (14/11) - Kepala Seksi Bimbingan Narapidana dan Anak Didik (Kasi Binadik) Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Perempuan Kelas IIA Sungguminasa beserta jajarannya mengumpulkan seluruh warga binaan di Lapangan dalam blok hunian guna memberikan Sosialisasi tentang Perpanjangan Asimilasi Rumah yang tertuang dalam Keputusan Menteri Hukum dan HAM RI Nomor : M.HH-186.PK.05.09 Tahun 2022. 

 

Pada kesempatan ini, Awaluddin Sam selaku Kasubsi Registrasi membacakan isi dari Keputusan Menteri Hukum dan HAM Nomor M.HH-186.PK.05.09 Tahun 2022 Tentang Penyesuaian Jangka Waktu Pemberlakuan Asimilasi, Pembebasan Bersyarat, Cuti Menjelang Bebas dan Cuti Bersyarat bagi Narapidana dan Anak dalam Rangka Pencegahan dan Penanggulangan Penyebaran Covid-19 bagi warga binaan LPP Sungguminasa.

 

"Peraturan dari Pemberlakuan Asimilasi Rumah ini tidak jauh berbeda dari sebelumnya. Peraturan ini berlaku bagi narapidana yang dua per tiga masa pidananya (wbp dewasa) dan satu per dua masa pidananya (wbp anak) sampai tanggal 30 Juni 2023. Dimana WBP ditekankan untuk berkelakuan baik serta mengikuti kegiatan pembinaan dengan baik" ujar Awaluddin Sam.

 

Namun ada beberapa kasus yang tidak dapat memperoleh asimilasi sebagaimana diatur dalam Permenkumham Nomor 32 Tahun 2020 di antaranya tindak pidana terkait narkotika, prekursor narkotika, dan psikotropika, terorisme, korupsi, kejahatan atas keamanan negara, kejahatan hak asasi manusia yang berat, dan kejahatan transnasional terorganisasi lainnya termasuk juga para Warga Binaan Pemasyarakatan yang berstatus Residivis.

 

Nampak beberapa Warga Binaan terlihat haru dan bahagia sesaat mendengar penyampaian sosialisasi tersebut. Ada yang saling berpelukan meluapkan kebahagian ada pula yang langsung sujud, bersyukur atas adanya perpanjangan asimilasi rumah tersebut.

"Kami sangat bersyukur dengan adanya perpanjangan program Asimilasi Rumah ini. Ucapan terima kasih kepada Bapak Menteri Hukum dan HAM serta seluruh jajaranx sehingga kami berkesempatan bisa pulang lebih awal" ujar salah seorang Warga Binaan.

 

Melalui sosialisasi ini Plt. Kepala Lapas Perempuan Kelas IIA Sungguminasa memberikan dukungan penuh terhadap pelaksanaan permenkumham untuk seksi yang membidangi dan memerintahkan untuk segera menyortir Warga Binaan yang berhak mendapatkan Program Asimilasi Rumah tersebut.

Lapas Perempuan Kelas IIA Sungguminasa adalah unit pelaksana teknis dibidang Pemasyarakatan Khusus Perempuan yang berfungsi untuk melakukan Pembinaan dan Perawatan Khusus bagi Warga Binaan Pemasyarakatan Perempuan

email : lapaswanita@gmail.com

 

Hari iniHari ini1
KemarinKemarin1
MingguanMingguan0
BulananBulanan6
Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Sungguminasa, Copyright © 2023 - Kemenkumham RI