social media logo facebook icon icons.com 59059     social media logo twitter icon icons.com 59061     social media logo instagram icon icons.com 59062     social media logo google icon icons.com 59074     social media logo utube icon icons.com 59063

Sungguminasa (29/11) - Plt. Kepala Lapas Perempuan Kelas IIA Sungguminasa beserta jajaran mengikuti Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun Korps Pegawai Republik Indonesia yang ke-51. Upacara ini dilaksanakan secara virtual di Aula serbaguna Lapas Perempuan Kelas IIA Sungguminasa. HUT KORPRI Tahun ini bertema "KORPRI melayani, Berkontribusi dan Berinovasi untuk Negeri"

 

Sungguminasa (27/11), bertempat di Villa Matazka Kab. Gowa Yohani Widayati selaku Plt. Kepala Lapas Perempuan Kelas IIA Sungguminasa membuka kegiatan Family Gathering Koperasi Konsumen SANITA LPP Sungguminasa Tahun 2022.

 

Kegiatan Family Gathering yang berlangsung selama 2 (dua) hari ini mulai tanggal 26 sampai 27 November merupakan salah satu program kerja Koperasi Konsumen SANITA dimana kegiatan ini diikuti oleh seluruh anggota Koperasi beserta keluarga. Adapun tujuan kegiatan ini adalah selain untuk menjalin tali silaturahmi antar semua pegawai juga untuk penyegaran atau refreshing.

 

Pelaksanaan kegiatan ini meliputi beberapa games dan jalan santai diakhiri dengan pengundian Doorprize untuk anggota. Terdapat sosialisasi terkait Koperasi Konsumen dan Unit Usahanya agarnya anggota / pegawai dapat mengenali lebih dalam.

 

"Saya sangat mengapresiasi pengurus Koperasi Konsumen SANITA karena berhasil menyelenggarakan kegiatan ini dan berharap dengan adanya kegiatan ini, pegawai Lapas Perempuan Kelas IIA Sungguminasa semakin kompak dan solid", tutur yohani menutup kegiatan.

Makassar (23/11) - Bertempat di Four Points by Sheraton Makassar, Plt. Kepala LPP Sungguminasa diwakili oleh Kasubsi Registrasi (Awaluddin Sam) dan staff Binadik (Muhammad Fitrah Hannis) menghadiri Rapat Koordinasi Pemetaan TPS (Tempat Pemungutan Suara) Persiapan Pemilu Tahun 2024 yang diselenggarakan oleh Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Gowa. 

 

Kegiatan ini diawali dengan Laporan Panitia dilanjutkan dengan sambutan oleh Ketua KPU Kabupaten Gowa,.

 

"Kegiatan ini merupakan upaya antisipasi dari setiap kerawanan Pemilu 2024 yang harus dicermati, baik oleh penyelenggara pemilu, khususnya kita di Kabupaten Wajo dari tingkat pemerintah kabupaten sampai kecamatan dan desa/kelurahan,"Ucap Muhtar Muis. 

 

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Bupati Kabupaten Gowa, Adnan Purichta Ichsan. 

"Pelaksanaan rakor ini merupakan hal penting. Semua pihak, kata dia, mesti menanamkan komitmen untuk meminimalkan potensi yang bisa mencederai seluruh tahapan Pemilu 2024" Tutur Adnan dalam sambutannya sekaligus membuka acara secara resmi. 

 

Kemudian Ketua Divisi Data dan Informasi KPU Provinsi Sulawesi Selatan memberikan Pemaparan Proses Pemetaan TPS Persiapan pemilu Tahun 2024. 

 

Dalam rangkaian kegiatan ini pula, Lapas Perempuan Kelas IIA Sungguminasa mendapatkan piagam penghargaan atas kerja sama dan partisipasi dalam kegiatan Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan (PPDB) Tahun 2022 yang berikan oleh Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Gowa.

 

Sungguminasa (26/11) - Bertempat di Aula serbaguna Lapas Perempuan Kelas IIA Sungguminasa diadakan sosialisasi untuk Warga Binaan Pemasyarakatan oleh Program studi Kebidanan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UIN Alauddin Makassar melaksanakan Pengabdian Masyarakat. 

 

Sosialisasi ini bertajuk Kesehatan Reproduksi Remaja dan Wanita Usia Subur (WUS). Pada kesempatan ini, Dosen dari Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UIN Alauddin Makassar, Ibu Dr. Hj. Siti Saleha, M.Keb. dan Tim serta didampingi Plh. Kasi Binadik dan Tim Medis Lapas Perempuan Kelas IIA Sungguminasa memaparkan materinya kepada 30 orang perwakilan warga binaan.

 

Dr. Hj. Siti Saleha, M.Keb. menjelaskan tentang bagaimana masyarakat dapat menyaring informasi yang diterima, sehingga mitos-mitos yang tidak benar yang beredar di masyarakat dapat dihindari. Edukasi mengenai kesehatan reproduksi harus diperkenalkan sedini mungkin pada anak, sehingga ketika beranjak remaja dan dewasa dapat menyikapi masalah kesehatan reproduksi dengan baik dan bijak.

 

“Rendahnya pengetahuan remaja mengenai seks dan kesehatan reproduksi dikarenakan kurangnya komunikasi dua arah dengan orang tua, dan kurangnya kesadaran semua pihak terkait kesehatan reproduksi”, lanjutnya.

 

Dengan adanya sosialisasi ini, Kalapas melalui Plh. Kasi Binadik berharap dapat membawa warga binaan Lapas Perempuan Kelas IIA Sungguminasa semakin teredukasi mengenai urgensi kesehatan reproduksi. 

 

"Saya sangat bersyukur dan berterima kasih kepada ibu dosen dan adik mahasiswa telah membagikan ilmunya kepada kami semua mengenai pentingnya kesehatan reproduksi" tutur A. Annisya.

Sungguminasa (23/11) - Lapas Perempuan Kelas IIA Sungguminasa gelar penutupan Kegiatan Rehabilitasi Narkotika Tahun 2022. Kegiatan penutupan ini dimulai pada pukul 09.00 WITA di Aula Serbaguna Lapas Perempuan Kelas IIA Sungguminasa. 

 

Penutupan Kegiatan Rehabilitasi Narkotika ini dihadiri oleh beberapa tamu undangan di antaranya Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sulsel, dalam hal ini diwakili oleh Kasubid Pengelolaan Basan Baran dan Keamanan, Plt. Koordinator Rehabilitasi BNNP Sul-Sel, Babinkamtibmas dan Babinsa Desa Timbuseng serta Ustadzah Maryam dari Depertemen Agama Kab. Gowa.

 

“Kegiatan Rehabilitasi Narkotika dengan bekerja sama dengan BNN Provinsi Sulawesi Selata yang dilaksanakan selama 6 bulan dengan jumlah peserta 24 orang WBP. BNN Provinsi Sulawesi Selatan sebagai tenaga Assesor dan konselor dalam kegiatan rehabilitasi telah melaksanakan assesment dan tes urine sebanyak 3 kali dan hasilnya sebanyak 24 WBP hasilnya negatif,” ucap Yohani.

 

Dalam sambutannya, Yohani berharap kegiatan ini mampu memberikan wawasan kepada WBP untuk selalu menjauhi Narkoba serta mempersiapkan WBP untuk siap kembali ke masyarakat setelah bebas. WBP yang kembali ke tengah masyarakat diharapkan dapat menjadi contoh yang baik serta membawa aura positif di lingkungan tempat tinggalnya.

 

Mewakili Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sulawesi Selatan, Kasubid Pengelolaan Basan Baran dan Keamanan mengapresiasi kegiatan rehabilitasi narkotika yang telah terselenggara. 

 

"Rehabilitasi narkoba adalah sebuah tingkatan represif yang dilakukan bagi pecandu narkoba yang ada di lapas ini. Tindakan rehabilitasi ditujukan kepada korban (WBP) dari penyalahgunaan narkoba untuk memulihkan atau mengembangkan kemampuan fisik, mental, dan sosial penderita yang bersangkutan. Selain untuk memulihkan, rehabilitasi juga sebagai pengobatan atau perawatan bagi para wbp pecandu narkoba, agar para pecandu (wbp) dapat sembuh dari kecanduannya terhadap narkotika” ujar Rusdi. 

 

Selanjutnya, Dyah Ratna Astrini selaku Program Manajer (PM) memaparkan laporan pelaksanaan Layanan Rehabilitasi selama 6 bulan. 

 

Penutupan kegiatan ini dilakukan secara resmi dan simbolis dengan pelepasan tanda peserta rehabilitasi.

Mengakhiri kegiatan, seluruh peserta rehabilitasi narkotika memberikan persembahannya yakni persembahan Vocal Group, Puisi dan Testimoni setelah mengikuti program Layanan Rehabilitasi Narkotika.

 

Page 1 of 86

Lapas Perempuan Kelas IIA Sungguminasa adalah unit pelaksana teknis dibidang Pemasyarakatan Khusus Perempuan yang berfungsi untuk melakukan Pembinaan dan Perawatan Khusus bagi Warga Binaan Pemasyarakatan Perempuan

email : lapaswanita@gmail.com

 

Sampaikan kritik dan saran yang membangun kepada kami agar dapat memberikan pelayanan yang jauh lebih baik lagi

(*)
Masukan nama lengkap anda

(*)
Email yang anda masukan salah.

(*)
Ketik pesan, masukan dan kritik anda.

Hari iniHari ini1
KemarinKemarin1
MingguanMingguan5
BulananBulanan1
Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Sungguminasa, Copyright © 2022 - Kemenkumham RI